Minggu, 28 November 2010

salah satu kuliner khas cirebon "nasi jamblang"

Sepiring Nasi Jamblang Cirebon
Wisata kuliner yang berakar pada kaum proletar punya keunikan sendiri, dan masing-masing daerah ternyata memiliki sejarah dan citarasanya masing-masing dengan keunikannya yang berlainan.
Di Jawa Tengah kita mengenal nasi kucing alias sego kucing alias Hik di daerah Solo, yang lebih dikenal dengan angkringan di Jogjakarta. Di Cirebon, terkenal dengan nasi jamblang-nya yang khas.
.
Nasi Jamblang Mang Dul - Cirebon
Nasi Jamblang Mang Dul, berlokasi di perempatan seberang Grage Mall. Jam 1 siang, warung ramai… begitu sampai di meja, lauknya beberapa sudah habis. Memang kata penjualnya sebelum jam 2 biasanya sudah habis. Dan yang menakjubkan, BUKA MULAI JAM 4 PAGI!!! potret di atas suasana jam 6 pagi. Jalanan masih relatif sepi, tapi di depan Nasi Jamblang Mang Dul sudah ramai berjajar motor pada beli nasi jamblang di jam sepagi itu. Mantap…
.
Deretan Menu Nasi Jamblang Cirebon
Ada sayur tahu, ada semur daging, ada telur dadar, ada gorengan tahu tempe dan jambal, ada sate usus, dan masih ada beberapa lauk lainnya. Semua terhampar berjajar paralel di sebuah meja panjang di pojok warung makan tersebut. Khusus untuk Nasi Jamblangnya, terdapat di keranjang belakang… kita tinggal bilang mau 1 bungkus, 2 bungkus, atau malah 3 bungkus. Sejarah nasi jamblang ini, ternyata bermula di daerah pinggiran Cirebon – kemudian berkembang di daerah Jamblang. Awalnya Nasi Jamblang ini diperuntukkan sebagai makanan para pekerja, dan tidak dibungkus dengan daun jati seperti sekarang ini melainkan dengan daun pisang. Seiring dengan makin tenarnya nasi jamblang ini, maka perlu dicari pengganti daun pisang yang makin langka dan mahal. Terpilihlah daun jati yang ternyata malah lebih ulet seratnya. Jadilah Nasi Jamblang berbungkuskan daun jati seperti yang menjadi ciri khasnya yang kita kenal saat ini.
Nasi jamblang yang kental bernuansakan kaum pekerja menuntut warung nasi jamblang untuk buka dari pagi hari. Jadilah nasi jamblang ini sebagai perlambang giatnya kaum pekerja yang sudah harus mengisi energinya dari pagi-pagi buta. Selamat mencoba.......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar